Fungsi Logika pada Microsoft Excel

Di dalam microsoft excel terdapat fungsi logika yang berguna untuk mempermudah tugas kita dalam memasukkan angka secara otomatis. Pada rumus excel pada prinsipnya dikelompokan menjadi beberapa kategori, yaitu:

Fungsi Logika 
yaitu digunakan untuk membandingkan dua atau lebih suatu kondisi tertentu, fungsi-fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut :

1. FUNGSI IF TUNGGAL
Untuk setiap nilai benar dan salah yang diberikan, jika hertype karakter maka harus memperhatikan tanda petik (“.....”) sedangkan yang bertype Numerik/Angka maka diketikkan biasa saja. Fungsi logika IF yang hanya memiliki satu kondisi/ syarat, sehingga dipastikan memiliki dua hasil yang akan ditampilkan yaitu hasil yang sesuai syarat (kondisi) atau hasil yang tidak sesuai syarat (kondisi) akibat dari suatu kondisi/syarat tersebut, sehingga hanya membutuhkan satu IF (IF Tunggal).
Syntax dasar dari fungsi IF adalah =IF(logical_test_value;value_if_false)
Logical_test biasa berupa nilai atau ekspresi yang dapat dievaluasi k_test bernilai TRUE dan FALSE
Value_if_true adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai benar
Value_if_false adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai salah. Contoh :  Adapula syarat berupa halaman cell dengan persyaratan :
Seseorang dinyatakan “LULUS” jika nilai ujian lebih besar atau sama dengan “75” (alamat sel syarat, Syarat nilai >=75,
Jika syarat terpenuhi >>LULUS
Jika syarat tidak terpenuhi >>TIDAK LULUS
Untuk mengisi kolom keterangan atau hasil apakah lulus atau tidak dengan ketentuan nilai minimum 75 maka menggunakan rumus =IF(A2>=$E$1;"LULUS";"TIDAKLULUS")

2. FUNGSI IF BERUPA TEXT
Fungsi IF pada teks ini memiliki syarat dan argumen berupa data bertipe teks (aplha numeric) sehingga harus diapit tanda petik (“.....”)
Contoh :
Terdapat jenis kelamin Pria & Wanita sehingga harus menghasilkan keterangan jika Pria mengenakan Celana dan Wanita mengenakan Rok. Untuk mengisi kolom keterangan maka bisa menggunakan rumus =IF(A2="PRIA";"CELANA";"ROK")

3.FUNGSI “OR”
Fungsi OR adalah fungsi excel yang digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE jika salah satu argumennya bernilai TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Jadi dalam hal menghasilkan nilai logika TRUE atau FALSE, Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND. Saat menggunakan rumus OR, nilai logika TRUE akan dihasilkan jika salah satu atau semua kondisi terpeuhi, sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan jika semua kondisi tidak terpenuhi.
Contoh :
Seperti pada tabel diatas dapat diketahui bahwa untuk lulus TES TAHAP 1 harus berpendidikan SMU/SMK sampai D1. Maka untuk mengisi kolom keterangan dapat menggunakan rumus =IF(OR(B2="SMU/SMK";B2="D1");"TES TAHAPAN 1";"GAGAL")

4. FUNGSI “AND”
Fungsi AND adalah salah satu fungsi logika untuk melakukan pengujian majemuk pada MS. Excel dengan output TRUE ketika semua nilai pengujian bernilai benar. Output FALSE akan dikeluarkan apabila terdapat pegujian yang bernilai salah. Rumus AND menggunakan dasar dari teori matematika modern.
Contoh :
Catatan untuk peserta jika ingin lolos pada tes tahap 1 maka :
Memiliki masa kerja lebih dari sama dengan 5 tahun (Masa kerja >=5 tahun)
Berusia kurang dari sama dengan 30 tahun (Usia <=30 tahun)
berdasarkan tabel diatas, maka untuk mengisi kolom keterangan dapat menggunakan rumus = IF(AND(B2>=$G$1;C2<=$G$2);"TES TAHAPAN 1";"GAGAL")

5. IF BERTINGKAT / MAJEMUK
Rumus IF Bertingkat secara umum penggunaannya sama saja dengan IF tunggal. Syntax dari Fungsi IF bertingkat adalah =IF(logical_test_value;value_if_true_1;IF(logical_test_value;value_IF_true_2;IF_lofical_test_value;value_if_true_n;value_if_false)
Contoh :
untuk mengetahui huruf/predikat yang dicapai dapat menggunakan rumus =IF(B2<60;"E";IF(B2<75;"D";IF(B2<85;"C";IF(B2<95;"B";"A"))))

Studi Kasus

Soal:
 Jawab :

1.Nilai Akhir
Untuk mengisi kolom Nilai Akhir kita dapat menggunakan rumus
 = C4*10%+D4*20%+E4*30%+F4*40% setelah itu tekan enter dan akan muncul jumlah nilai akhir yang diperoleh oleh masing-masing mahasiswa.

2. Predikat Nilai
Untuk mengisi kolom Predikat Nilai kita dapat menggunakan rumus IF Bertingkat yaitu  =IF(G4<50;"E";IF(G4<60;"D";IF(G4<65;"C";IF(G4<70;"C+";IF(G4<80;"B";IF(G4<85;"B+";IF(G4<100;"A"))))))) lalu tekan enter dan akan muncul predikat apa yang dicapai oleh setiap mahasiswa.

3. Keterangan
Untuk mengisi kolom keterangan dapat menggunakan rumus fungsi "AND" yaitu
=IF(AND(G4>$L$12;B4>=$L$14);"LULUS";"TIDAK LULUS") lalu tekan enter maka akan muncul apakah mahasiswa tersebut LULUS atau TIDAK LULUS.


Mungkin cukup sekian dulu artikel dari Saya tentang Logika dan Fungsi pada Komputer untuk Pengolahan Data Sheet pada Excel, semoga apa yang telah saya sampaikan kali ini bermanfaat dan bisa membantu Anda. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Nota Penjualan di Microsoft Excel

Jenis - Jenis Sel pada Microsoft excel

Fungsi Vlookup, Hlookup & Left, Mid, & Right pada Microsoft Excel